ULASAN 1 - "WannaCry Worm Spreading Fast"

Pada penjelasan kali ini saya akan memaparkan tentang virus "WannaCry" dimana akhir-akhir ini dunia sedang dihebohkan dengan adanya virus super kejam ini. Penjelasan ini mengacu pada video yang saya lihat pada situs (https://www.youtube.com/watch?v=ibLaCEL8E4E) yang berjudul "Massive Ransomware Outbreak Thanks to NSA - WannaCry Worm Spreading Fast" dengan durasi 11 menit 7 detik video ini di publish pada 12 Mei 2017 dan sudah ditonton sebanyak 302.803 kali saat pembuatan ulasan.

Ransomware adalah jenis perangkat lunak berbahaya yang digunakan penjahat untuk menyerang sistem komputer. Hacker sering meminta korban membayar uang tebusan untuk mengakses file mereka atau menghapus program berbahaya tersebut dan pembayaran harus dilakukan menggunakan bitcoin karena hal/sistem ini tidak akan terlacak. Serangan agresif menipu pengguna agar mengklik tautan palsu entah itu melalui email atau di situs palsu,yang akan menyebabkan infeksi dan merusak pada komputer. Dalam kasus serangan NHS, ransomware yang digunakan disebut Wanna Decryptor atau 'WannaCry' Virus.Virus WannaCry menargetkan sistem operasi Windows yang banyak digunakan. Virus ini meninggalkan pengguna hanya dengan dua file yaitu Petunjuk tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya dan program Wanna Decryptor itu sendiri. Ada beberapa cara untuk menghindari serangan ransomware, yaitu dengan menggunakan perangkat lunak antivirus dan firewall ternama, dan juga melakukan update pada sistem operasi anda pada versi terbaru, berhati-hati jika mengklik link di dalam email atau di situs web yang mencurigakan, dan memback-up data-data pada komputer anda.

Video ini memberikan informasi yang sangat bagus tentang bagaimana menghindari agar tidak terkena serangan virus tersebut dan juga didalam video dikatan bahwa unuk tidak memberikan pembayaran apapun jika sudah terkena serangan virus tersebut, karena itu hanyalah hal sia-sia anda pun tidak akan mendapatkan "key" untuk membuka/Decrypt data anda kembali. 

Github Account : Dhilakaha
URL Ulasan : http://dhilakaha-os.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-wannacry-worm-spreading-fast.html
URL Video (11.07) : https://www.youtube.com/watch?v=ibLaCEL8E4E
Pemetaan : Week02  (Protection and Security)
Revisi Pertama : 17-05-2017
Revisi Terakhir : 17-05-2017


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING09

ULASAN 2 - Difference Between Process and Thread

RANKING01