ULASAN 2 - Difference Between Process and Thread


Pada penjelasan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan dari Proses dan Thread didalam sistem operasi. penjelasan kali ini mengacu pada video di Youtube yang di Post oleh akun Udacity dengan durasi video 3 menit 28 detik. video ini di publish pada 23 Februari 2015 dan sudah ditonton sebanyak 47.810 kali saat pembuatan ulasan.

Proses dan thread tentu kita sudah sering mendengarnya dalam Sistem Operasi. Analoginya, lets say ada sebuah koran yang ada di atas meja, seperti program yang ada di dalam memori. lalu ada seseorang datang mendekati meja tersebut katakan mungkin si A lalu membaca koran tentang olahraga. Dengan membaca koran tersebut maka adanya sebuah proses "Membaca program", maka saat ini ada program yang berjalan dimana ada satu Thread of control yang berjalan melalui core dan struktur data dari program. Lalu kemuadian datang si B ingin membaca koran Business, sehingga sekarang ada dua thread of control yang melalui code dan struktur data yang berbeda, karena program "koran" yang sedang dibaca berbeda.

Namun, jika si A dan B  mau baca koran yang sama, maka akan ada konflik. Sehingga disini sistem operasi harus bisa menanganinya, oleh karena itu operating system adalah "pengorbit" untuk menyelesaikan request pada setiap resource. Sebuah progranm bisa memiliki beberapa thread of control, dan setiap thread of control bisa saja berjalan pada seksi program yang berbeda.

Menurut saya konten dari video ini menarik dan penjelasannya juga tidak membingungkan, dengan memberikan sebuah analogi yang mudah dipahami bahkan oleh orang awam  sekalipun (yang tidak memiliki pemahaman akan sistem operasi sebelumnya). Tapi disayangkan durasi dari video ini terlalu singkat dan diakhir video penjelasannya seperti ada yang terpotong.

Github Account : Dhilakaha
URL Ulasan : http://dhilakaha-os.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2-difference-between-process-and.html
URL Video : https://www.youtube.com/watch?v=O3EyzlZxx3g
Pemetaan : Week06  ( Processes & Threads)
Revisi Pertama : 21-05-2017
Revisi Terakhir : 21-05-2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING09

RANKING01